Cara Membuat Pesan Khusus untuk Halaman Artikel Blog yang Tidak Ditemukan karena Telah Dihapus

Pembaca yang Terhormat, mengingat begitu pentingnya pembuatan pesan khusus untuk halaman artikel blog yang tidak ditemukan oleh pengunjung, maka kali ini Admin sampaikan tutorial membuat pesan khusus untuk halaman tidak ditemukan dikarenakan artikel yang dibutuhkan oleh pengunjung sudah dihapus dari blog. Hal ini sangat bermanfaat bagi Admin blog dan juga pengunjung, karena pesan khusus tersebut memiliki banyak manfaat, seperti: memberikan info kepada pengunjung bahwa artikel yang mereka cari telah dihapus, menarik perhatian pengunjung agar mencari atikel lain di blog kita, dan mencegah hilangnya jumlah tampilan halaman blog yang didapatkan dari mereka.

Cara Membuat Pesan Khusus untuk Halaman Artikel Blog yang Tidak Ditemukan oleh Pengunjung karena Telah Dihapus oleh Kita

1. Kunjungi https://www.blogger.com/ 

2. Klik Setelan/Settings
Cara Membuat Pesan Khusus untuk Halaman Artikel Blog yang Tidak Ditemukan karena Telah Dihapus
Silakan klik setelan, kemudian klik Preferensi penelusuran/serach preferences, dan klik Edit pada baris Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan

3. Buat Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan/Custom Page Not Found, kemudian klik "Simpan perubahan"
Buat Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan
Contoh: Pembaca yang Terhormat, mohon maaf artikel yang akan Anda baca telah dihapus. Silakan cari artikel menarik lainnya di blog ini.

4. Contoh tampilan pesan khusus jika artikel blog tidak ditemukan
Contoh tampilan pesan khusus jika artikel blog tidak ditemukan

Bagaimana jika setelan pesan khusus untuk halaman tidak ditemukan ternyata tidak tampil?

Nah, tampil atau tidaknya setelan kita pada menu tersebut tergantung pada template blogger yang kita gunakan, karena settingan dari masing-masing pembuat template itu berbeda.

Jika pada template blog yang Anda gunakan sudah disetting pesan khusus untuk halaman tidak ditemukan/error 404, maka Anda tidak perlu mengaktifkan pesan khusus pada dasbor blogger.
contoh tampilan error 404 untuk halaman tidak ditemukan
Jadi, gunakan saja settinga dari pembuat template, walaupun sebenarnya Anda juga boleh mengubahnya dengan pesan yang lain yakni dengan cara mengeditnya lewat halaman edit HTML di dasbor blogger.

Demikian tentang Cara Membuat Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan. Semoga bermanfaat

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon