Cara Mengarahkan http ke https pada Blog Custom Domain di Blogger

Pembaca yang Terhormat, bahasan kali ini adalah tentang cara mengarahkan/redirect/mengalihkan maupun mengganti/mengubah http ke https pada blog custom domain blogger atau pada blog yang sudah menggunakan domain .com, .net, .id, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) lainnya, yang hostingnya di blogger.com. Namun, sebelum pada inti topik tentang cara mengaktifkan pengalihan http ke https, mari kita pahami dulu pengertian http dan https, serta tujuan, fungsi, dan keuntungan menggunakan https.

Pengertian HTTP dan HTTPS
HTTP yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

HTTPS yang merapakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs.

Tujuan Mengaktifkan Pengalihan ke HTTPS
Pembaca yang Terhormat, tujuan utama mengarahkan http ke https adalah memberi layanan yang maksimal kepada para pengunjung blog kita.

Fungsi Mengarahkan HTTP ke HTTPS
Cara Mengarahkan http ke https  pada Blog Custom Domain di Blogger
Secara teknis dan kenyataannya, jika kita mengaktifkan pengalihan https lewat dasbor blogger.com, maka blog kita akan selalu terakses dengan https, walaupun pengunjung masuk lewat alamat dengan www, non www, http, bahkan lewat alamat blog kita saat masih menggunakan domain blogspot sekalipun.

Artikel terkait : Cara Mengganti Blog Domain blogspot Menjadi Blog Berdomain  (dot) Com

Keuntungan/Kelebihan Blog Menggunakan HTTPS:
Keuntungan-Kelebihan Blog Menggunakan HTTPS
➥Membantu memeriksa bahwa pengunjung blog Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
➥Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
➥Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mengetahui aktifitas  pengunjung blog Anda dan mencegah pihak lain mencuri informasi di blog Anda.

Nah jelasnya, manfaat blog menggunakan https yang paling mudah dirasakan adalah menciptakan kenyamanan bagi pemilik dan pengunjung blog.

Oke, setelah kita mengetahui dengan jelas tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan keuntungan HTTPS, silakan simak langkah-langkah mengaktifkan pengalihan ke https berikut ini.

Cara Mengarahkan HTTP ke HTTPS pada Blog Custom Domain Blogger

1. Login di https://www.blogger.com/ 

2. Klik "Setelan Dasar"
Cara Mengarahkan HTTP ke HTTPS pada Blog Custom Domain Blogger

Saat Anda menuju dasbor blogger pada setelan dasar, Anda akan melihat menu "Pengalihan HTTPS" yang statusnya belum aktif sehingga belum berfungsi. Adapun untuk mengaktifkan menunya, silakan copy:
https://draft.blogger.com/
kemudian pastekan pada tab pencarian dan atau silakan langsung klik https://draft.blogger.com/ , maka secara otomatis akan tampil https://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=79xxxx#basicsettings, tampilannya seperti pada gambar di point ke-3 di bawah ini.

3. Pada baris "Ketersediaan HTTPS", silakan klik menu segitiga, kemudian klik "Ya"

Ketersediaan HTTPS

Setelah itu, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Di mana "Ketersediaan HTTPS" sudah berhasil diaktifkan "Ya", namun menu "Pengalihan HTTPS" masih berstatus belum aktif.
Pengalihan HTTPS belum Aktif

Adapun untuk mengaktifkan menu pengalihan HTTPS agar "Tidak" bisa diganti menjadi "Ya", maka silakan refresh halaman Anda dengan menekan tombol F5 pada keyboard/papan ketik komputer/laptop Anda.

Setelah direfresh, silakan tunggu beberapa saat sampai menu pengalihan HTTPS berstatus aktif alias bisa diklik. Pengalaman Admin, proses aktifnya menu tersebut tidak sampai 3 menit. Nah, jika dicek belum aktif juga, coba direfresh ulang. Pastikan menu pengalihan sudah aktif, seperti gambar pada point ke-4 di bawah ini.

4. Pada baris "Pengalihan HTTPS", silakan klik menu segitiga, kemudian klik "Ya"

Cara Mengaktifkan Pengalihan HTTPS
5. Ubah http menjadi https lewat halaman edit HTML template
Untuk mencegah terjadinya error akibat bercampurnya http dengan https, maka Anda perlu mengganti tulisan http dengan https.

Mengganti http menjadi https yang mungkin jumlah http-nya banyak, tentunya sangat melelahkan jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu kita mestinya mengganti http menjadi https dengan metode replace all.

Anda bisa melakukan replace dengan memindahkan dulu ke word maupun dengan aplikasi adobe dreamweaver. Namun, terkait bahasan ini, Admin sarankan Anda menggunakan cara replace all yang paling cepat, mudah, dan praktis. Simak langkah-langkah replacc http dengan https, sebagai berikut.

a. Klik "Tema" kemudian klik "Edit HTML"
Klik tema dan klik edit html

b. Arahkan Kursor pada Halaman Edit HTML
Silakan arahkan/tempatkan kursor pada halaman Edit HTML, misalnya diarahkan di akhir baris kode yang pertama.
Arahkan Kursor pada Halaman Edit HTML

c. Tekan tombol CTRL+Shift+R pada keyboard PC/Laptop Anda

Replace all

Setelah Anda  menekan tombol CTRL, Shift, R pada keyboard PC/Laptop Anda secara bersamaan, maka akan muncul kolom Replace all di sudut kanan halaman Edit HTML Anda.

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan/mengetik http lalu Enter.

Ingat sob, menekan tombol Enter-nya saat kursor masih pada area kolom replace all. Jika dilakukan dengan benar, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

kolom with

Setelah muncul kolom "With", silakan ketik https pada kolom tersebut, kemudian sebelum kursor berpindah, silakan Enter.

Dengan demikian, maka kini Anda sudah berhasil mengganti semua http menjadi https


Keterangan tambahan:
Cara replace all seperti di atas juga bisa kita gunakan untuk mereplace berbagai kode atau tulisan lainnya, dalam hal ini yang ada pada halaman HTML dasbor blogger. Misalnya untuk mereplace kode warna template blog dan lain sebagainya.

Pembaca yang Terhormat, setelah Anda berhasil mengalihkan http ke https, sebaiknya Anda jangan menghapus http://www namablogAnda com dari Google Webmaster Tools Search Console, namun yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan properti https://www namablog Anda com ke Search Console.

Demikian tentang Cara Mengalihkan http ke https di Blog Custom Domain Blogger. Jika blog Anda saat ini masih pakai HTTP, ada baiknya segera arahkan ke HTTPS. Semoga bermanfaat.

7 komentar

Waaah tutorial pengalihan http ke https sangat membantu kang, tp saya lebih memilih pengalihan dengan cara copy kode HTML ke WordPad terlebih dahulu, kemudian langsung pastekan ke tema edit HTML nya kang.
Tp sebenarnya cara yg sampean bagikan juga cukup bagus..
Salam kenal ya kang...

Ya sip Kang, kita pilih yang lebih mudah saja menurut kita masing-masing. Makasih, jadi tambah referensinya di sini kang.

Iya kang, sama2 kita belajar dan berbagi sebisa kita..

infonya ini yang aku cari - cari nih. kemarin sempet bingung juga cara ngubah dari http ke https. ternyata simpel banget. wahh tengku banget yaa infonya :)

Iya mba Lya, memang mengganti http menjadi https di blog platform blogger bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Infonya sangat membantu. Apa benar, penggunaan https bisa mempengaruhidi mesin pencari ya?

Ya sangat memengaruhi mas, karena https jelas-jelas aman untuk para pengguna. Sehingga dia ramah dengan mesin pencari dan user

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon