Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus/Terhapus ke URL Artikel Pengganti dan/atau ke URL Halaman Utama/Home Page/Beranda Blog agar Trafik Tidak Hilang

Pembaca yang Terhormat, kali ini Admin sajikan tutorial tentang Cara Mengalihkan URL Artikel Blog yang Dihapus/Terhapus ke URL Artikel Pengganti yang Baru dan/atau Pengalihan Khusus ke URL Halaman Utama/Home Page/Beranda Blog. Pengalihan khusus dari URL artikel yang dihapus ke URL tujuan yang baru ini sangat penting dilakukan oleh para Blogger yang dalam blognya ada URL artikel yang dihapus/terhapus,. Yang mana fungsi maupun tujuan pengalihan khusus URL ini yaitu agar trafik/pengunjung/visitor blog yang mengeklik link mati tersebut tidak bingung sehingga trafik pun tidak hilang.

A. Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus/Terhapus ke URL Artikel Pengganti yang Baru.
Contoh pengalihan khusus dari https://www.uangblog.com/2018/03/cara-membuat-blog-gratis-yang-menghasilkan-uang.html (URL lama yang Dihapus) ke
https://www.uangblog.com/2018/03/cara-membuat-blog-gratis-yang-menghasilkan-uang-untuk-pemula.html (URL artikel baru sebagai penggantinya)
1. Login ke https://www.blogger.com/ 

2. Klik Setelan/Settings, Preferensi penelusuran, dan Edit
Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus ke URL Artikel Pengganti dan/atau ke URL Hamalan Utama/Home Page/Beranda Blog agar Trafik Tidak Hilang

3. Copy dan Paste URL artikel yang Dihapus dan URL Penggantinya

a. Copy URL artikel lama yang terhapus/dihapus dan pastekan di kolom "Dari"

Adapun yang dimasukkan adalah mulai dari garis miring (/) tahun terbit artikel dan seterusnya sampai html, contoh: https://www.uangblog.com/2018/03/cara-membuat-blog-gratis-yang-menghasilkan-uang.html

b. Copy URL artikel lama yang terhapus/dihapus dan pastekan di kolom "Kepada"
Contoh: https://www.uangblog.com/2018/03/cara-membuat-blog-gratis-yang-menghasilkan-uang-untuk-pemula.html (yang dicopy paste hanya mulai /2018/03/dan seterusnya sampai html)

c. Pilih permanen atau sementara
Jika Anda memberi tanda centang, maka pengalihan khusus bersifat permanen dan apabila Anda membiarkannya maka pengalihan bersifat sementara.

d. Klik "Simpan"

e. Klik "Simpan perubahan"
Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus ke URL Artikel Pengganti

Untuk mengecek hasilnya, silakan Anda buka URL yang telah dihapus, lihat demo pada blog ini, silakan klik https://www.uangblog.com/2018/03/cara-membuat-blog-gratis-yang-menghasilkan-uang.html 

Pengalihan Khusus URL artikel model ini cocoknya diterapkan jika kita menghapus URL artikel dan kemudian mengganti URL tersebut dengan URL yang baru sebagai penggantinya. Nah tentunya pengalihan khusus URL artikel ini dilakukan jika URL artikel (lama) yang dihapus sudah terindeks oleh mesin pencari, namun jika penggantian URL artikel lama ke baru pada kondisi URL lama belum terindeks maka sebaiknya kita tidak perlu mengalihkan URL.

B. Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus ke URL Utama/Home Page/Beranda Blog

Untuk mengalihkan URL artikel yang dihapus ke URL Halaman Utama/Home Page/Beranda Blog bisa dilakan dengan cara yang sama dengan tutorial pada pont A.1 sampai A.3 di atas, bedanya hanya pada point A.3.b, karena untuk pengalihan khusus dari URL artikel terhapus ke URL utama blog, pada kolom tujuan "Kepada", Anda cukup memasukkan garis miring ( / ).

Demikian tentang Cara Pengalihan Khusus dari URL Artikel Blog yang Dihapus ke URL Artikel Baru dan/atau ke Home Page/Beranda Blog. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon