Maaf Kepo Nih: Apakah Benar Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang?; Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog ?

Pembaca yang Terhormat, Apakah benar ngeblog bisa menghasilkan uang? Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog/website kita?_Ada beragam persepsi masyarakat terkait kegunaan blog. Ada sebagian orang mengatakan bahwa aktivitas blogging hanya membuang-buang waktu, ada yang beranggapan bahwa blogging merupakan kegiatan sampingan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong, ada yang berpendapat bahwa blogging merupakan aktivitas positif yang dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang tulis menulis.

Bahkan banyak pula yang menganggap bahwa aktivitas blogging merupakan suatu pekerjaan yang mampu menghasilkan uang.

Biasanya yang mengatakan hal demikian adalah orang-orang yang sudah paham mengenai cara pemanfaatan blog sebagai ladang uang.

Justru seseorang yang berpikir seperti itu merupakan orang-orang yang memiliki peluang besar dalam meningkatkan pendapatan melalui blogging.

Seiring dengan ide dan kreativitas manusia dalam memanfaatkan segala hal menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi salah satunya aktivitas blogging, kini blogger atau sebutan bagi seseorang yang aktif menjalankan dan mengelola blog, di kategorikan sebagai sebuah profesi baru.

Profesi tidak selamanya tergantung pada tingkat pendidikan yang diraih namun juga bisa berasal dari hobi.

Hobi ngeblog bukan semata hobi yang tidak memiliki arti dan nilai. Ngeblog tentunya sangat berarti jika seorang blogger mampu melihat dan mengambil kesempatan dari aktivitas yang dilakukan tersebut.

Mungkin bagi orang yang tidak paham dunia blogging akan menganggap bahwa ngeblog tidak bermakna apapun selain hanya sebuah hobi semata. Percaya atau tidak penghasilan blogger cukup menggiurkan.
Cara Mendapatkan Uang dari Blog
Cara para blogger mendapatkan uang dari blog atau website

1. Pendapatan dari iklan
Pendapatan melalui iklan merupakan cara yang umum dilakukan oleh blogger dalam meraup keuntungan melalui blog pribadi atau website mereka.

Sama halnya dengan sistem periklanan pada koran atau majalah. Pemilik koran akan menawarkan jasa iklan kepada para pengusaha yang ingin produk atau jasanya diiklankan pada layout halaman koran atau majalah tersebut dengan biaya yang ditentukan.

Begitu juga halnya dengan website atau blog. Apabila blogspot atau website yang dibuat memiliki banyak pengunjung dengan meningkatnya traffic atau aktivitas pengunjung maka dengan otomatis blogspot atau website tersebut akan menyarankan pada para pengiklan yang bersedia membayar agar iklan mereka tayang pada blog atau website Anda dan iklan tersebut dilihat oleh para viewers Anda.

Apalagi blogspot merupakan situs yang di bawah naungan google, di mana google memiliki layanan iklan jaringan yakni Google adSense yang akan memudahkan penerbit atau blogger skala kecil menerbitkan iklan pada blog mereka.

Google AdSense memang sangat cukup membantu karena pemilik blog tidak perlu susah payah mencari pelanggan yang akan menggunakan blognya sebagai tempat pengiklanan.

Iklan yang menggunakan jasa layanan blog atau website perharinya mencapai ribuan jenis iklan. Jika blogger bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan cara menarik perhatian banyak viewers sehingga traffic visitor terus meningkat maka kesempatan untuk mengiklankan lebih banyak iklan tentunya meningkat dan hal tersebut tentu akan meningkatkan penghasilan seorang blogger.

2. Membuka jasa atau layanan pribadi
Seorang blogger yang memiliki talenta lebih pada bidang tertentu juga bisa menawarkan jasa layanan, pelatihan atau kursus mengenai bidang yang digeluti oleh sang blogger kepada para pembaca yang rutin mengunjungi blog atau website mereka.

Misalnya kursus bahasa inggris online, pelatihan prakarya dan sebagainya. Cara ini membutuhkan kepercayaan yang tinggi terlebih dahulu dari para pembaca.

3. Afiliasi income
Pendapat melalui afiliasi juga merupakan cara yang paling umum digunakan oleh blogger sama halnya dengan pendapat melalui iklan. Hanya saja bedanya pada metode pengiklanannya. Jika melalui iklan tadinya hanya menunggu para pengiklan menggunakan jasa kita, berbeda dengan pendapatan afiliasi.

Cara ini lebih tertuju pada promosi yang dilakukan oleh sang blogger. Seorang blogger akan membuat sebuah review atau deskripsi singkat mengenai barang dan jasa yang akan di iklankan kemudian blogger atau website akan membuat sebuah tautan yang dihubungkan ke situs resmi atau kontak pemilik barang dan jasa tadinya.

Cara ini tidak membutuhkan banyak traffic seperti pada pengiklanan karena blogger mencari atau mendapat pengiklan dengan cara manual.

Blogger akan mendapat sejumlah komisi dari pemilik usaha apabila ada pelanggan yang mengklik tautan dan membeli produk atau menggunakan jasa yang tadi disarankan oleh blogger.

Pendapatan melalui afiliasi dianggap sebagai cara yang paling mudah karena tidak perlu menggunakan strategi.

Cukup menunggu visitors setia blogger mengklik tautannya dan membeli atau menggunakan jasa dari iklan.

4. Membuat sebuah event
Cara seperti ini tidak banyak dilakukan oleh para blogger karena prosesnya yang cenderung lama. Namun dari cara ini juga seorang blogger mendapat penghasilan yang lumayan besar.

Seorang blogger dapat membuat sebuah event yang sekiranya menarik untuk diikuti para visitor setia blog atau website.

Kemudian blogger bisa mendapat penghasilan dari penjualan tiket atau merchandise dari event tersebut.

Seorang blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari sponsor event yaitu pihak yang rela membiayai berlangsungnya event dengan adanya syarat yang diajukan.

Misalnya dalam event tersebut ada promosi tertentu mengenai usaha dari sang sponsor event.

Sponsor event sekarang sudah banyak bekerja sama dengan website atau blog yang terkenal karena biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

5. Recurring income
Pendapatan dari cara ini memang banyak digunakan oleh para blogger khususnya pada website.

Metode pendapatan recurring yaitu dengan menetapkan  biaya bulanan atau tahunan kepada para visitor yang tertarik untuk mengakses content premium yang berisi komunitas, pelatihan, layanan dan sebagainya dari sang blogger.

Ada beberapa kendala yang dihadapi bila blogger menggunakan cara reccuring.

Kendala utama adalah fakta bahwa tidak banyak visitors yang berminat untuk menggunakan content premium berbayar kecuali memang jika visitor tersebut benar-benar butuh.

Karena seperti yang sudah kita ketahui, sudah banyak blog atau website yang menyediakan jasa layanan gratis yang kualitasnya sama dengan kualitas content premium tersebut. Namun ada saja visitor setia berani membayar.

6. Marketing
Seorang blogger juga bisa menggunakan web atau blognya sebagai media dalam memasarkan produksinya sendiri.

Jika cara sebelumnya dijelaskan mengenai cara blogger mendapat uang dari membuka jasa iklan dan sponsor produk dan jasa orang lain.

Konteks marketing di sini maksudnya adalah si pemilik blog atau website tersebut menawarkan barang dan jasa miliknya kepada para pembaca.

Biasanya cara ini lebih banyak digunakan pada website karena website mendukung fitur marketing lebih komplit daripada blog.

Keuntungan seorang blogger yang membuka usaha sendiri dan menggunakan blog atau website pribadi sebagai sarana dalam memasarkan produk dan jasa adalah sang blogger atau pengusaha tersebut bisa memantau langsung aktivitas pelanggan secara langsung.

Selain itu, blogger sekaligus pengusaha tersebut tidak perlu membagi keuntungan kepada jasa penyedia iklan karena mereka menggunakan website atau blog pribadi.

Sehingga budget bisa di kontrol langsung oleh si pemilik usaha. Kekurangan cara ini adalah blog atau website cenderung monokrom karena biasanya blogger hanya akan mengiklankan produk atau jasanya saja.

Demikian penjelasan mengenai cara Blogger mendapatkan uang dari blog atau websitenya. Semoga rasa ingin tahu Anda bisa terobati.

Nah sekarang giliran Anda untuk membuat blog dan menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola nantinya. Untuk tutorial bikin blog gratis, silakan baca Cara Gampang Membuat Blog Penghasil Uang

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon