5 Cara Investasi Tanah yang Aman dan Menguntungkan

Cara Investasi Tanah yang Aman dan Menguntungkan_Investasi properti menjadi investasi paling favorit di kalangan banyak orang karena investasi dianggap memiliki potensi laba yang besar. Salah satu jenis investasi properti yang termasuk dalam favorit adalah investasi tanah, karena persediaan dengan jumlah pemesanan tidak seimbang. Tanah tidak akan bisa bertambah namun permintaan tanah terus saja bertambah. Hal ini menyebabkan harga tanah selalu saja mengalami kenaikan terus-menerus setiap tahun bahkan pada setiap waktu tertentu. Tapi walaupun investasi tanah memiliki banyak keuntungan, ada beberapa hal yang harus Anda petimbangkan dan perhatikan sebelum membelinya. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga bisa mengalami kerugian. Nah, lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi tanah, berikut tips trik investasi tanah aman dan menguntungkan.

Cara Investasi Tanah yang Aman dan Menguntungkan
Cara Investasi Tanah 
1. Perhatikan Lokasi Tanah
Lokasi tanah menjadi hal utama sebelum membeli atau memulai investasi tanah. Perhatikan lokasi tanah manakah yang akan berpotensi mengalami kenaikan harga yang segnifikan.

Rata-rata lokasi tanah yang strategis terletak di pusat industry atau tempat yang mudah dijangkau oleh banyak fasilitas kota seperti rumah sakit, lembaga pendidikan atau sekolah, pusat berbelanjaan, tempat ibadah, dan transportasi umum.

Tanah yang berlokasi yang berdekatan dengan suatu wilayah yang sedang mengalami perkembangan juga disebut sebagai tanah setengah matang, artinya tanah yang siap untuk mendatangkan keuntungan yang sangat tinggi.

Saat memperhatikan lokasi tanah, Anda juga harus memperhatikan apakah lokasi tersebut berpotensi mengalami bencana seperti tanah longsor, banjir maupun bencana alam yang lain.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah apakah lokasi tersebut dekat dengan pembuangan limbah sampah, kejahatan, angker atau rawan perampokan, karena hal ini dapat membuat pembeli berpikir seribu kali untuk membeli.

2. Kondisi Tanah
Kondisi tanah meliputi bentuk tanah, kepadatan tanah, ukuran tanah, kerataan dan juga hadap tanah. Hal ini sangat penting menjadi pertimbangan sebelum membeli tanah.

Untuk bentuk tanah, kebanyakan orang lebih tertarik dengan bentuk tanah persegi dan trapesium. Untuk bentuk persegi panjang, orang lebih tertarik apabila lebar tanah berukuran 40-70 persen dari panjang tanah.

Untuk kerataan dan kepadatan tanah hal ini juga menjadi pertimbangan Anda, apabila tanah tidak padat dan tidak rata maka Anda membutuhkan biaya untuk memperbaikinya.
Hal ini berpengaruh dalam keuntungan yang Anda peroleh, karena pembeli akan meminta potongan harga karena tanah yang tidak rata.

Untuk ukuran tanah, Anda bisa menyesuaikan dengan lokasi yang Anda pilih. Apabila Anda memiliki di lokasi yang elite maka ukuran tanah dengan lebar dan panjang yang luas akan lebih dipilih oleh calon pembeli.

3. Negoisasi Harga Tanah
Semua pembeli akan setuju dengan harga yang pas dan tidak kemahalan. Jadi, dalam negoisasi dengan pembeli, Anda harus bisa memberi alasan yang kuat agar pembeli dapat percaya pada Anda.

Salah satu yang dapat Anda jadikan alasan kepada calon pembeli adalah banyak keunggulan yang dimiliki tanah itu, yang membuat harga tanah harus pas dengan keunggulannya.

Namun apabila Anda berperan menjadi seorang pembeli, pertimbangkan kelemahan-kelemahan yang ada dalam tanah tersebut, seperti lokasi tanah, kepadatan tanah, hadap tanah ataupun ukuran tanah.

Hal ini dapat membuat Anda mendapatkan harga yang sesuai. Selama Anda tidak melakukan penipuan, maka hal ini menjadi hal yang bagus untuk dilakukan.

4. Legalitas dan Surat Kelengkapan Tanah
Sebelum membeli tanah pastikan bahwa tanah tidak sedang dalam keadaan sengketa dan dalam keadaan tidak memiliki masalah apapun. Anda juga harus memperhatikan legalitas tanah juga surat kelengkapan tanah.

5. Kestabilan Keuangan
Untuk mendapatkan keuntungan yang banyak maka Anda harus menunggu tanah hingga 5 tahun agar upah yang Anda dapatkan terlihat. Namun apabila Anda hanya menunggu 1-2 tahun saja keuntungannya tidak akan terlalu banyak karena Anda harus membayar pajak, biaya notaris, dan biaya lainnya.

Apakah dalam kurun waktu 1-2 tahun harga jual tanah Anda bisa menutupi modal utama Anda? Maka kestabilan uang juga harus diperhatikan sebelum menjalankan investasi tanah.

5 ulasan di atas adalah cara agar investasi Anda aman dan juga menguntungkan yang dapat kami berikan pada Anda. Semoga bermanfaat

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon