6 Langkah Cerdas dalam Memulai Bisnis Kuliner Online

Langkah-Langkah Cerdas dalam Memulai Bisnis Kuliner secara Online_Internet semakin banyak memberikan manfaat. Sekarang, internet menjadi trend di kalangan para pebisnis. Mulai dari bisnis kecil-kecilan sampai bisnis yang besar. Internet menjadi salah satu strategi dalam promosi. Biasanya, bisnis-bisnis yang sering dipromosikan melalui internet adalah fashion dan kosmetik. Tetapi, sekarang bisnis makanan pun juga mulai menggunakan strategi promosi melalui internet.
Cara memulai bisnis kuliner online 
Membangun bisnis makanan atau kuliner melalui internet mempunyai banyak keuntungan tersendiri. Bisnis Anda akan semakin banyak mempunyai pasar. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner atau makanan melalui internet, berikut ini adalah tips untuk memulainya.

Enam (6) Langkah Cerdas dalam Memulai Bisnis Kuliner melalui Internet

1. Menentukan jenis kuliner
Tentukan terlebih dahulu jenis kuliner apa yang ingin Anda jual melalui internet. Beberapa pilihan makanan yang dapat Anda jadikan ide untuk jualan di internet yaitu aneka kue basah dan kue kering, pizza, ketering makanan diet, makanan yang dibekukan, waffle, makanan khas daerah, dan sebagainya.
Pilihlah jenis makanan sesuai kesukaan Anda. Jika Anda suka dengan makanan yang Anda jual, Anda pun akan senang menjalani bisnis kuliner melalui internet tanpa merasa terbebani.

2. Membuat brand dari produk yang Anda jual
Brand atau nama sebuah produk yang Anda jual sangatlah penting dalam dunia bisnis. Jika bisnis Anda tidak mempunyai brand, Anda akan sangat susah mengembangkannya.

Buatlah brand bisnis dengan nama yang unik dan gampang diingat. Jika Anda sudah memiliki brand, langkah selanjutnya adalah membuat logo brand. Sama seperti halnya brand, logo juga akan membuat bisnis Anda lebih mudah untuk diingat.

3. Membuat video makanan
Sekarang, orang lebih tertarik untuk menonton video daripada melihat foto. Anda dapat membuat video tutorial saat Anda memasak makanan yang Anda jual.

Hal ini dapat menarik calon konsumen yang lebih banyak karena dapat membuat konsumen lebih percaya dengan produk yang Anda jual.

Video tutorial memasak tidak perlu dengan durasi yang lama. Cukup dengan video yang hanya berdurasi 2-5 menit saja. Tambahkan musik yang asyik dan cocok di video yang Anda buat agar lebih menarik.

4. Membuat Website
Nah, jika Anda sudah menentukan jenis makanan apa yang ingin Anda jual, sudah memiliki brand dan logo serta sudah membuat video yang menarik mengenai makanan yang Anda jual, langkah selanjutnya adalah promosi.

Karena bisnis kuliner Anda adalah bisnis online atau via internet, tentunya Anda mempromosikannya pun harus melalui internet seperti sosial media dan website. Website dan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, Path dan lainnya adalah toko Anda.

Jadi, di sinilah Anda memulai jualan Anda. Anda harus konsisten dalam mempromosikan produk jualan Anda.
Jangan sampai website Anda biarkan saja selama beberapa hari bahkan berbulan-bulan. Hal ini akan membuat calon konsumen Anda ragu dengan produk yang Anda jual melalui internet.

5. Kemasan produk
Meskipun produk yang Anda jual melalui internet, Anda juga harus memerhatikan kemasan produk untuk makanan Anda.

Jangan hanya menggunakan kemasan yang seadanya. Tapi buatlah kemasan produk yang unik dan menarik.

Anda dapat menambahkan stiker logo dari brand Anda dan juga menambahkan alamat toko online Anda yang bisa dikunjungi. Misalnya di Facebook atau di Twitter.

6. Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan adalah salah satu cara untuk menarik konsumen lainnya untuk mampir ke toko online Anda.
Tentunya tidak hanya mampir tetapi mereka juga membelinya. Dengan adanya testimony pelanggan tersebut, calon konsumen akan semakin percaya dengan produk makanan yang Anda jual.

Itulah 6 langkah cerdas dalam memulai bisnis kuliner melalui via online atau internet. Kunci dalam menjalankan bisnis online adalah konsisten. Sebenarnya, bisnis makanan online lebih menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyewa lapak. Untuk penghasilannya pun Anda tidak perlu khawatir. Malah, keuntungan bisnis kuliner online bisa lebih banyak omsetnya. Semuanya tergantung dengan kegigihan, kemauan dan kerja keras Anda
Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memulai langkah menjalankan bisnis kuliner via internet.

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon