Panduan Lengkap Tentang Pemasangan Auto Ads (Iklan Otomatis Adsense) Pengganti Page Level Ads (Iklan Tingkat Laman)

Iklan adsense otomatis/auto ads adalah kelompok format iklan yang menawarkan cara sederhana dan inovatif bagi Anda untuk memonetisasi konten Anda. Dengan Iklan otomatis, Anda hanya cukup sekali saja menempatkan kode iklan yang sama di setiap blog yang Anda inginkan. Setelah menambahkan kode tersebut, Google secara otomatis menampilkan iklan pada waktu yang optimal jika iklan tersebut cenderung berperforma baik bagi blog Anda dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.

Auto ads/iklan adsense otomatis merupakan pengganti dan menyempurnakan page level ads/iklan tingkat halaman. Jika Anda memiliki Iklan tingkat halaman di situs, berarti pihak google telah memigrasikan setelan yang ada ke Iklan otomatis. Anda dapat menemukan "setelan global" baru pada halaman Iklan otomatis di akun Anda. Anda tidak perlu menempelkan kode iklan lagi. Iklan otomatis dan Iklan tingkat halaman menggunakan kode iklan yang sama.

Apa yang baru di iklan otomatis adsense/auto ads?
Iklan otomatis dibuat di iklan tingkat halaman dan menawarkan peluang baru seperti:

1. Format iklan baru (misalnya, teks dan display, dalam artikel, matched content) selain format yang ada sebelumnya pada pag level ads seperti iklan anchor dan vinyet

2. Setelan URL lanjutan yang memungkinkan Anda menampilkan Iklan otomatis dengan kelompok format iklan adsense otomatis yang berbeda antara blog Anda yang satu dengan blog Anda yang lainnya.

Apa keuntungan memasang iklan otomatis adsense?
Keuntungan Menerapkan Auto Ads/Iklan otomatis di blog/web, antara lain:

1. Memungkinkan Anda berfokus pada pembuatan konten yang bagus. 
Iklan otomatis secara otomatis menempatkan dan mengoptimalkan iklan untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukannya sendiri.

2. Berpotensi meningkatkan pendapatan uang dari adsense
Iklan otomatis akan menganalisis halaman dan menemukan tempat baru untuk menampilkan iklan berdasarkan tata letak template blog, konten, dan iklan Google yang ada.

3. Mudah digunakan.
Anda menempatkan kode iklan yang sama sekali saja di setiap halaman/blog yang diinginkan untuk menampilkan Iklan otomatis. Selebihnya, pihak Google yang akan menanganinya

Bagaimana cara kerja iklan otomatis adsense?
Iklan otomatis menggunakan teknologi machine learning Google untuk:

1. Memahami struktur halaman blog Anda

2. Mendeteksi iklan Google yang ada di halaman Anda. (Perhatikan bahwa google tidak dapat mendeteksi iklan dari jaringan iklan lainnya.)

3. Menempatkan iklan baru secara otomatis berdasarkan elemen yang berbeda seperti tata letak halaman, jumlah konten di halaman, dan iklan Google Anda yang ada.

4. Jika Anda membuat perubahan pada situs, google akan mendeteksi dan menganalisis ulang halaman Anda.

Format iklan adsense otomatis
Saat ini, kelompok Iklan otomatis mencakup format iklan berikut.

1. Iklan dalam halaman
Iklan ini muncul di tempat tertentu pada halaman:

a. Teks & display
b. Iklan dalam artikel
c. Iklan InFeed (khusus seluler)
d. Konten yang sesuai (khusus seluler)

2. Iklan overlay
Iklan ini muncul sebagai lapisan yang menutup sebagian konten halaman dan mungkin mengharuskan pengguna untuk menutup atau menghapusnya:

a. Iklan anchor (hanya untuk seluler)
b. Iklan vinyet (khusus seluler)

Bagaimana cara memasang iklan adsense otomatis/auto ads?
Untuk menyiapkan Iklan otomatis, pilih terlebih dahulu format iklan mana yang ingin ditampilkan di seluruh blog yang Anda miliki. Format ini akan menjadi "setelan global" Anda. Selanjutnya, Anda menyalin dan menempelkan kode iklan pada setiapblog tempat Anda ingin menampilkan Iklan otomatis. Setelah melakukan ini, Anda dapat memilih untuk menampilkan format iklan yang berbeda pada beberapa halaman dengan membuat grup URL.

Untuk memasang/menerapkan auto ads (iklan otomatis adsense) pengganti page level ads (iklan tingkat laman), ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke akun AdSense.
2. Di panel navigasi sebelah kiri, klik Iklan saya/my ads.
3. Klik iklan otomatis/auto ads
Jika sebelumunya Anda telah menerapkan pge level ads, maka Anda hanya cukup klik "Get Started"

4. Pada halaman "Pilih setelan global", gunakan kontrol untuk memilih format iklan yang ingin Anda tampilkan.
memilih format iklan yang akan ditampilkan di blog

5. Biarkan Dapatkan format baru secara otomatis tetap dipilih jika Anda ingin AdSense secara otomatis menambahkan format iklan baru ke setelan global Anda saat format tersebut tersedia.
6. Klik save/simpan.
7. Pada halaman html blog dasbor blogger Anda "Tempatkan kode di halaman Anda", klik Salin kode.Tempelkan kode iklan di antara tag <head> dan </head> pada setiap dasbor blog tempat Anda ingin menampilkan Iklan otomatis. Jangan lupa kode iklannya diparse dulu jika template blogger yang Anda gunakan memang membutuhkan kode ikan yang harus diparse terlebih dahulu.
contoh kode iklan otomatis adsense-auto ads

Setelah Anda menempatkan kode iklan otomatis pada dasbor blogger (halaman edit html), silakan klik simpan.

8. Iklan otomatis adsense berhasil dipasang
Iklan otomatis adsense berhasil dipasang

Contoh tampilan iklan otomatis adsense di blog
Berikut merupakan contoh tampilan iklan otomatis adsense/auto ads yang tampil di blog "Uang Rupiah" ini, di mana iklan adsense otomatis tampil di atas dan bawah artikel terkait. Seperti keterangan di atas, bahwa auto ads tidak selalu tampil dengan posisi letak iklan yang sama. Misalnya, iklan otomtis adsense pada blog ini, kadang 2 iklan muncul di atas dan bawah artikel terkait, terkadang tampil salah satu, dan tentunya bisa juga tidak tampil keduanya.
Contoh tampilan iklan otomatis adsense di blog
Jika Anda sudah menerapkan kode iklan otomatis, tetapi iklan tidak muncul, Anda perlu mengecek berapa jumlah iklan manual yang Anda terapkan di blog tersebut dan berapa panjang artikel tertentu yang tidak bisa memungkinkan iklan otomatisnya tampil. Jadi, semakin panjang suatu artikel dan semakin sedikit jumlah iklan yang diterapkan manual (non iklan otomatis), maka semakin besar potensi tampilnya iklan auto ads.

Bagaimana cara membuat grup URL untuk penerapan iklan otomatis adsense blog?

Untuk membuat grup URL, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke akun AdSense.
2. Di panel navigasi sebelah kiri, klik Iklan saya.
3. Klik Iklan otomatis.
4. Klik Grup URL baru/new url group
cara membuat grup URL untuk penerapan iklan otomatis adsense blog
5. Pada halaman "Pilih URL", pilih URL yang ingin Anda tambahkan ke grup URL. Jika tidak melihat URL tertentu, Anda dapat mengklik Tambahkan URL dan menambahkannya ke daftar Anda.
Klik Berikutnya/Next
Jika beberapa URL sudah menjadi bagian dari grup URL lainnya, Anda akan ditanya apakah ingin memindahkan URL tersebut ke grup URL baru Anda.

6. Pada halaman "Pilih iklan", gunakan kontrol untuk memilih format iklan untuk grup URL Anda. 

Perhatikan bahwa format iklan yang Anda pilih akan menggantikan setelan global Anda.

Jika Anda tidak ingin menampilkan iklan di URL yang telah Anda pilih untuk grup URL, biarkan semua format iklan tidak dipilih. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin menampilkan iklan di halaman beranda.

7. Pilih Dapatkan format baru secara otomatis jika Anda ingin AdSense secara otomatis menambahkan format iklan baru ke grup URL saat format tersebut tersedia.
Klik Berikutnya.
Iklan otomatis adsense
8. Pada halaman "Peninjauan", beri nama pada grup URL dan periksa ringkasan tugas.
Klik Selesai.
Nama grup URL auto ads
Setelan baru akan diterapkan ke URL pilihan Anda dalam waktu sekitar 10-20 menit.
Setelan URL Group Iklan Otomatis Adsense
Catatan:
Sahabat Blogger Publisher Adsense, walaupun iklan otomatis adsense sangat mudah diterapkan pada blog kita, menurut saya,,,sebaiknya kita perlu eksperimen, misalnya dengan memadukan pemasangan iklan di atas/tengah/bawah artikel dsb, jadi JANGAN dihapus semua kode iklan yang diterapkan sebelumnya. Sebagai contoh, pada blog ini,,,iklan yang tetap ada 2 unit yaitu iklan tautan responsif dan iklan responsif di atas artikel. Selebihnya, jika Anda melihat iklan selain 2 yang saya sebutkan, berarti itu adalah tampilan iklan otomatis adsense. Selamat dan semangat menerapkan kode auto ads di blog. Semoga penghasilan adsense kita meningkat.

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon