Tips Sukses Menjadi Vlogger Pemula

Tips sukses menjadi vlogger pemula_Menjadi Vlogger merupakan hobi baru masyarakat modern semenjak populernya youtube sebagai salah satu media yang digunakan untuk mengunduh dan mengunggah video. Hobi mengabadikan momen menggunakan kamera perlahan menjadi sebuah pekerjaan yang berpenghasilan fantastis. Bahkan kini, istilah vlogger bukan diartikan sebagai sebatas hobi, tetapi sebagai sebuah profesi.
Tips Sukses Menjadi Vlogger
Meski pada awalnya menjadi vlogger hanya sebuah hobi semata dan banyak yang berpendapat bahwa menjadi vlogger hanya membuang waktu, tenaga, dan uang.

Memang awal mula menjadi vlogger harus mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi, tetapi jika seorang vlogger bisa memanfaatkan kesempatan dan kepopulerannya, tidak menutup kemungkinan penghasilan yang diraup lebih dari yang dikeluarkan.

Tapi kini, seseorang bisa menjadi vlogger hanya dengan modal yang sangat minim. Hal tersebut karena masyarakat sudah tidak mempertimbangkan di lokasi mana video yang dipublikasikan vloger tersebut diambil, menggunakan apa vlogger tersebut merekam momen, dan lainnya. Yang menjadi pertimbangan pokok adalah video yang diunggah vlogger merupakan video berisi isu yang menarik untuk disaksikan.

Video blog diibaratkan menjadi bermacam-macam jenis kegiatan. Ada yang menganggap video blog adalah diary berupa video, namun ada yang menganggap vlogger adalah wartawan amatiran yang memberikan berbagai info yang tidak didapatkan masyarakat pada acara TV. Hal tersebut karena para vlogger hanya bermodalkan kamera ponsel saja sudah bisa menyajikan informasi kepada masyarakat.

Langkah awal bagi para pemula yang ingin menjadi vlogger sukses
1. Manfaatkan isu sekitar yang sedang terjadi
Seorang vlogger pemula tidak perlu pergi suatu tempat untuk menemukan ide atau bahan yang akan mengisi video yang akan diunggah.

Di sekitar kita sangat banyak isu baik isu sosial maupun isu lingkungan yang sebenarnya sangat menarik untuk dibahas.

Tugas seorang vlogger hanyalah mengangkat isu tersebut dan menjadikan isu tersebut lebih menarik sehingga masyarakat tertarik.

Isu yang dimaksud adalah isu yang sering terjadi sehari-hari namun tidak diperhatikan oleh masyarakat. seorang vlogger juga dituntut untuk menggali fakta terkait isu tersebut guna memperkuat content atau topik yang akan diangkat.

Isu sosial dan lingkungan memang menjadi isu yang tidak habisnya memberikan berbagai ide melalui fenomena yang terjadi, tergantung cara vlogger bisa mengolahnya.

2. Menyajikan content yang bermanfaat
Kesuksesan seorang vlogger sangat bergantung pada seberapa besar manfaat video yang bisa diambil oleh publik. Biasanya video yang berisi tutorial, tips, saran, penanggulangan bencana, dan content yang mengandung edukasi lebih bermanfaat dan lebih banyak mendapat respon positif dari publik.

Content yang bermanfaat tersebut juga menjadikan video anda lebih populer karena biasanya publik yang sudah menyaksikan video Anda dan dirasa bermanfaat, mereka cenderung membagikan video tersebut kepada orang lain.

Cara tersebut merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan viewer dan subcriber banyak tanpa melakukan promosi atau menyarankan seseorang mengunjungi chanel Anda.

3. Memberikan judul yang unik
Kadang ada video yang isinya menarik namun karena judul yang diberikan tidak cukup menarik maka video tersebut tidak mendapat banyak viewers.

Publik saat ini memang cukup terkecoh dengan judul. Itu sebabnya judul sangat perlu dipertimbangkan ketika hendak mengunggah sebuah video.

Pastikan juga judul memiliki relasi dengan content video agar calon viewer tidak kecewa setelah menyaksikan video.

Ada juga video yang isinya biasa saja namun karena judul yang sangat unik dan mampu memengaruhi publik sehingga publik penasaran dan membuka video tersebut.

Membuka saja tanpa menonton sampai selesai juga dihitung sebagai satu viewers. Hal tersebut terus berlanjut hingga akhirnya video yang biasa saja tadi populer.

Kepopuleran video sangat ditentukan oleh jumlah viewer dan respons positif dari publik.

4. Menjadi diri sendiri apa adanya
Banyak dari para vlogger menirukan gaya video atau gaya berbicara para vloger senior yang sering mereka lihat supaya kualitas video mereka sma dengan kualitas video para vlogger senior. Namun cara tersebut justru tidak benar. Publik justru lebih suka dengan vlogger yang membawakan karakter pribadi mereka tanpa mengikuti para vlogger senior.

Justru publik akan mengecap Anda sebagai seorang copycat karena menirukan seseorang yang kemudian akan berdampak buruk pada video yang Anda unggah. Selain itu, Anda akan tampak memaksakan diri karena harus meniru gaya dan karakter seseorang. Oleh karenanya sebaiknya karakter dan gaya khas diri sendiri lebih ditonjolkan sebagaimana adanya karena akan tampak lebih alami.

5. Jangan sungkan meminta bantuan teman
Bagi vlogger pemula mendapatkan pengunjung atau viewers pada video yang baru saja diunggah memang membutuhkan sedikit usaha. Pasalnya video tersebut tidak akan diketahui jika seorang vlogger tidak mempromosikan atau memberitahukan kepada publik tentang keberadaan video tersebut. Oleh karenanya sangat penting bagi seorang vlogger untuk meminta bantuan untuk mempromosikan video.

Anda bisa meminta bantuan kepada teman dan keluarga. Biasanya teman dan keluarga Anda juga memiliki teman lainnya dan begitu seterusnya. Tidak menutup kemungkinan dari hanya meminta bantuan kepada keluarga atau teman maka video Anda bisa populer dan mendapat respon positif bahkan video Anda bisa sampai luar negeri jika Anda, teman atau saudara Anda memiliki kenalan orang asing.

6. Rutin mengunjungi dan meninggalkan jejak pada video sesama vlogger
Jangan sungkan sungkan untuk mengomentari video seorang vlogger bahkan seorang vlogger profesional sekalipun.

Hal tersebut akan membuat channel Anda semakin populer karena channel Anda berada di setiap komentar video populer dari para vlogger senior. Hal tersebut juga akan menambah viewers video Anda karena orang yang melihat komentar Anda akan penasaran dengan sosok Anda.

Anda juga tidak perlu sungkan meninggalkan pendapat dan saran yang menurut pada video yang menurut Anda kurang memuaskan. Anda juga bisa memberikan saran kepada vlogger lain yang sekiranya menurut Anda baik. Hal tersebut akan meninggalkan kesan bahwa Anda adalah seorng vloger yang kritis dan profesional. Akan tetapi perlu diingat untuk menghindari kata-kata yang berbau SARA.

7. Bergabung dengan komunitas vlogger
Komunitas vlogger menjadi sarana atau wadah terbaik dalam berbagai pengalaman dan tips antara sesama vlogger. Biasanya sekelompok orang dengan hobi yang sama yaitu ngevlog akan saling membantu satu sama lain agar tim mereka memiliki viewers dan mendapat respon yang baik dari publik. Selain itu, Masalah pada dunia vlog juga dapat diselesaikan karena ada banyak pemikiran alternatif.

Selain itu, komunitas vlogger memberikan saran dan pembelajaran dari para senior kepada para junior atau pemula mengenai tata cara pembuatan vlog yang menarik dan unik.

Para senior juga tidak segan memberikan praktik dalam membuat video terutama melakukan proses editing agar hasil video lebih menarik. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi para calon vlogger untuk meningkatkan kualitas diri.

Demikian tentang kiat agar menjadi Vlogger yang sukses. Semoga bermanfaat

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon