Cara Sukses Jualan Online di Facebook

Cara sukses jualan online lewat facebook/Fb_Facebook menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Indonesia menempati posisi keempat sebagai pengguna facebook terbanyak dan teraktif di dunia. Jejaring sosial facebok merupakan sosial media yang digunakan untuk berinteraksi dan saling menukar informasi antar sesama pengguna. Aktivasi serta penggunaan yang cukup mudah menjadikan facebook kian populer.
Cara Sukses Jualan Online di Facebook
Kini sosial media facebook tidak hanya berperan sebagai media yang digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi saja.

Peran lain yang bisa dilakukan dengan facebook yaitu bertransaksi. Facebook dijadikan lokasi pemasaran dan peluang bisnis yang sangat strategis dan menguntungkan.

Bila seseorang bisa memanfaatkan facebook yang bersifat universal, maka terlihat jelas peluang yang besar.

Trend terbaru masyarakat kini tidak hanya sebatas berbagi aktivitas antara sesama teman atau pengguna facebook.

Banyak profesi baru yang muncul berawal dari pemanfaatan sosial media yaitu online shop, jasa online, promoting, advertising dan lainnya.

Profesi tersebut tidak mengenal usia, siapa saja bisa menjalani profesi yang disebutkan asal mampu mengelola dan memanfaatkan peluang.

Memanfaatkan facebook sebagai media transaksi berupa penjualan online menjadi peluang besar yang bisa didapatkan oleh semua orang.

Penjualan online melalui facebook memiliki banyak keuntungan. Registrasi Facebook bersifat gratis. Lay out barang pada halaman facebook dengan bisa leluasa dan gratis sehingga tidak perlu menambah modal atau biaya sewa toko apabila berjualan dengan cara online.

Proses upload gambar barang dan jasa sangat mudah sehingga tidak menyulitkan para , pebisnis, pedagang, maupun pengusaha pemula.

Facebook juga bersifat borderless atau tanpa tapal batas sehingga postingan barang atau jasa yang ditawarkan bisa diakses siapa saja tanpa batas yang tentunya dapat memperluas area pemasaran. Facebook juga dilengkapi dengan layanan periklanan jika ingin menggunakan iklan pada facebook.

Langkah jitu sukses berjualan online di facebook bagi para pemula

1. Tentukan produk dan jasa
Menentukan jenis produk yang akan dijual menjadi cara utama yang penting untuk diperhatikan. Menjual produk tidak sembarang menjual barang kepada orang.

Agar menarik minat pembeli, penjual online harus pandai memilih barang apa yang sekiranya sedang populer dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini tentunya membutuhkan penilaian dan analisis lebih jauh terkait kebutuhan dan keinginan pasar.

Apalagi barang berupa aksesoris atau fashion seperti pakaian yang bersifat upgrade.
Pakaian merupakan barang yang model dan jenisnya terus serta sangat cepat berubah.

Selera dan gaya pakaian masyarakat merupakan nilai yang selalu bersifat dinamis, artinya selalu berubah.

Pakaian bukan lagi kebutuhan primer tetapi bisa menjadi kebutuhan sekunder dan sebatas keinginan pada situasi tertentu.

Berbeda dengan makanan yang cenderung statis dikarenakan makanan akan selalu menjadi barang yang dibutuhkan, namun selalu juga dipertimbangkan selera pasar akan makanan tersebut.

Apabila ingin menjual jasa di facebook, misalnya jasa penitipan barang, jasa editing foto atau video, dan lainnya, harus diperhatikan perbedaan kebutuhan masyarakat yang akan menggunakan jasa tersebut. Misalnya masyarakat perkotaan dengan pedesaan dengan kebutuhan yang jelas sangat berbeda.

Apabila teman facebook, likers atau pengikut akun facebook kebanyakan masyarakat kota maka sediakanlah jasa yang umumnya digunakan pada masyarakat perkotaan misalnya jasa cleaning servive keliling, jasa desain grafis, jasa penitipan anak, jasa penitipan barang dan sebagainya.

Namun apabila teman, pengikut, atau likers lebih banyak tinggal di pedesaan, maka sediakan jasa yang sekiranya mereka butuhkan misalnya jasa sewa transportasi, jasa penitipan barang yang tidak ada di kota, jasa layanan service elektronik yang sulit ditemukan di desa dan masih banyak lagi jasa yang bisa ditawarkan. Tentunya menawarkan jasa dari penjual jasa dan pembeli jasa sama-sama diuntungkan.

2. Membuat akun facebook khusus untuk berjualan
Ada dua pilihan dalam membuat akun facebook untuk berjualan.

Yang pertama adalah membuat akun facebook biasa seperti membuat akun pribadi namun dengan nama akun yang menjurus ke tujuan penjualan misalkan Cinderella Olshop, Aladine jasa online dan sebagainya.

Pilihan yang kedua yaitu membuat fanspage atau halaman khusus untuk memasarkan produk dan jasa.

Kedua jenis pilihan ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing meski registrasinya sama-sama mudah. akun facebook biasanya memiliki kelebihan dalam mencari teman atau follower dengan cara klik add friends atau tambahkan teman saja. Apabila pihak yang sudah di tambahkan telah mengkonfirmasi permintaan maka dengan otomatis mereka sudah masuk ke dalam list pertemanan.

Sedangkan page tidak menggunakan pertemanan tetapi likers, liker didapatkan dari menyarankan orang-orang untuk menyukai halaman tersebut. hal ini tidak semudah menekan option add friend pada akun facebook biasa.

Dibutuhkan ketekunan dalam menyarankan dan mencari likers sebanyak mungkin agar page ramai. Jumlah likers yang banyak menjadi peluang dan penentu luasnya pangsa pasar.

Namun kekurangan facebook adalah, pertemanan pada akun facebook biasa memiliki batas yakni hanya bisa menambahkan sampai 5000 saja. Oleh karenanya teman yang sekaligus sebagai pangsa pasar tersebut bersifat terbatas. Berbeda dengan fage yang memiliki jumlah likers tidak terbatas sehingga memperluas peluang pemasaran. Dibutuhkan strategi jitu untuk meningkatkan jumlah likers page.

3. Menganalisis target pemasaran
Menganalisis disini artinya melihat kebutuhan pasar berdasarkan nilai tertentu misalnya usia dan jenis kelamin. Apabila likers atau teman facebook rata-rata berusia remaja maka sediakan produk yang sekiranya dibutuhkan dan inginkan oleh usia remaja misalnya pakaian trendi, aksesoris tubuh berupa tas, sepatu, aksesoris handphone dan lainnya. Tak lupa pula menyesuaikan dengan jenis kelamin pembeli.

Apabila liker rata-rata berusia dewasa, maka sediakan barang atau jasa yang sesuai dengan musim dan kebutuhan orang dewasa. Misalnya pada bulan ramadhan antara lain sarung, peci dan baju koko bagi pelanggan dewasa berjenis kelamin laki-laki, mukenah, jilbab, dan gamis bagi pelanggan wanita dewasa dan lainnya tergantung bagaimana penjual bisa melihat keadaan pasar.

Penjual juga bisa menawarkan baju bayi, boneka, aksesoris bayi, peralatan bayi seperti tempat makan, tempat minum, ayunan, stroller, handuk, bak mandi bayi dan lainnya apabila pangsa pasar sekiranya banyak ibu-ibu atau bapak-bapak yang memiliki anak bayi. Bisa juga menyediakan jasa pembuatan kado beserta pembelian isi kado kepada pelanggan yang membutuhkan.

4. Membangun kepercayaan pelanggan
Membangun kepercayaan bisa dengan cara memberikan pelayanan yang paling baik berupa harga yang rendah namun kualitas barang atau jasa yang baik dan tidak mencurangi pembeli. Penjual juga harus menjual barang dan jasa sesuai dengan kualitas barang dan bersikap jujur terhadap jenis dan kualitas barang. Sehingga pembeli akan nyaman berbelanja dan memberikan kepercayaan pada ol shop tersebut.

5. Sering mengadakan event berhadiah, diskon, dan bonus
Cara ini menjadi cara paling ampuh dalam meningkatkan pembeli. Biasanya olshop yang sedang dan sering mengadakan event berhadiah (give away), diskon, maupun bonus akan ramai pengunjung dan menjadi saya tarik tersendiri sebuah olshop. karena pembeli akan merasa senang meskipun diberikan diskon atau bonus yang tidak terlalu besar namun rutin.

Demikian tentang tips jualan online melalui facebook. Semoga bermanfaat

Pembaca yang Terhormat, terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari blog sederhana ini.

Admin mohon agar kiranya Anda berkenan meninggalkan jejak dengan berkomentar, baik komentar yang sifatnya melengkapi, menguatkan, menjawab pertanyaan teman, maupun berupa materi diskusi yang sesuai topik pembahasan di atas.

Silakan berkomentar dengan WordPress/LiveJournal/TypePad/AIM/Anonymous.

Khusus untuk Blogger, sebaiknya Anda berkomentar menggunakan Name/URL, OpenID, dan/atau Google+, agar Admin lebih mudah berkunjung ke blog Anda. (jangan tinggalkan link aktif maupun pasif di kolom komentar, pakai Name/URL saja)
EmoticonEmoticon